RSS

Resensi Novel Traveler's Tale

1. Pendahuluan

Identitas Buku :

· Judul Buku : Travelers’ Tale Belok Kanan : Barcelona!

· Nama Pengarang : Adhitya Mulya,Alaya SetyaIman, Hidajat & Ninit Yunita

· Penerbit : PT. GagasMedia

· Tahun Terbit : 2007

· Tebal Buku : 240 halaman.

· Harga Buku : Rp 34.000,00


  1. Resensi

· Sinopsis

Buku ini bercerita tentang 4 sahabat yang telah berteman sejak lama yang terpisah di benua karena hal pekerjaan. Keempat sahabat itu adalah Francis yang berprofesi sebagai pianis, Retno yang bekerja di kedutaan Indonesia untuk Coppenhagen, Farah yang bekerja di Vietnam dan Jusuf yang bekerja di Afrika Selatan. Cerita bermula ketika Francis mengirimkan e-mail kepada 3 sahabatnya yang berisi kabar bahwa ia akan menikah bersama dengan seorang gadis Catalan di Barcelona. Membaca berita itu, Farah yang sejak lama memendam perasaan kepada Francis merasa harus pergi untuk mencegah pernikahan tersebut. Retno akan pergi dengan tujuan untuk bertemu dengan ketiga sahabatnya. Jusuf pergi dengan tujuan untuk mencegah Farah menytakan cinta kepada Francis. Meski harus menguras uang tabungan mereka, mereka tetap pergi ke Barcelona. Pada perjalanan tersebut, terjadi banyak peristiwa, mulai dari Farah yang harus naik pesawat padahal ia takut, bertemu gypsi, sampai pada Jusuf yang harus tejebak di wilayah konflik. Sampai kahirnya mereka bertemu di Barcelona, tetapi Francis membatalkan pernikahannya karena ia mencintai Retno. Farah yyang cintanya ditolak oleh Francis pulang ke Vietnam dengan penuh rasa kecewa. Ketika di bandara di Barcelona, Farah dilamar oleh Jusuf dan akhirnya mereka menikah.

· Komentar Bahasa Pengarang

Bahasa yang digunakan pengarang sangat mudah dimengerti. Walaupun banyaknya bahasa asing yang tidak diterjemahkan, tetapi secara keseluruhan penggunaan bahasa, sangat mudah dipahami, karena yang digunakan adalah bahasa sehari-hari.

· Unsur Intrinsik

a) Tema

Tema yang diambil dalam buku ini adalh persahabaan dan percintaan serta petualangan.

b) Alur

Alur yang digunakan adalah alur maju, walaupun ada dibeberapa bagia yang menggunakan alur mundur.

c) Penokohan

Dalam cerita ini terdapat 3 penokohan, yaitu ;

Protagonis : Francis dan Retno yang memiliki sifat sabar dan penyayang serta pengertian.

Antagonis ; Farah yang memiliki sifat egois dan pencemburu.

Tritagonis : Jusuf yang memiliki sifat cinta damai.

d) Sudut Pandang Pengarang (Point of View)

Pada buku ini pengarang beertindak sebagai orang ketiga. Dimana pengarang tidak terlibat langsung dalam cerita.

e) Amanat

Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah janganlah kita memendam perasaan terhadap orang lain katakanlah walaupun kenyataan yang mengambil sebuah keputusan jangan terburu-buru.

· Kelebihan dan Kekurangan Buku

a) Kelebihan Buku

Kelebihan dari buku ini adalah walaupun buku ini dikarangg oleh 4 orang yang berbeda, tetapi bisa memiliki inti cerita yang tetap dan memiliki akhir yang tidak biasa. Buku ini mendeskripsikan suasana tempat yang sangat menarik, sehingga pembaca seakan-akan turut masuk ke dalam cerita.

b) Kekurangan Buku

Kekurangan dari buku ini adalah adanya bahasa asing yang tidak diteremahkan sehingga pembaca yang masih benar-benar awam kurang bisa memahami cerita.

0 komentar:

Poskan Komentar