RSS

DESKRIPSI DAN KOMENTAR FILM I,ROBOT

Film I.Robot menggambarkan kondisi sebuah Negara di AS, dimana peranan robot sangat besar dalam membantu kehidupan manusia, seperti: pembantu rumah tangga, pengangkat barang, asisten pribadi, buruh pabrik, dll. Atau malah sebaliknya, Robot dapat menghancurkan kehidupan manusia, meningkatkan pengangguran, karena diakui teknologi yang digunakan dalam pembuatan robot, membuat mereka bekerja lebih cepat dari tenaga manusia.

Dalam ceritanya, terdapat human error dalam pembuatan robot NS5, dimana robot-robot tersebut diciptakan untuk melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan. Sehingga munculah robot-robot perusak profesional yang sangat tidak patuh pada manusia. Untuk memperbaiki system tersebut, VIKI harus dihancurkan, dan cairan nanite harus disuntikan ke otaknya.

Selain itu, teknologi komunikasi yang dapat dilihat dari film ini adalah dalam penciptaan sebuah alat yang bernama proyektor hologram. Hologram bewarna hijau ini dapat memunculkan bayangan orang mati, dan diprogram seolah-olah orang mati tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia dengan jawaban terbatas.

Jadi, teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Bisa juga sangat merugikan manusia, dan merusak kehidupan manusia jika terjadi kekacauan pada system. Selain itu dampak dari segi social ekonomi, teknologi tersebut dapat menambah pengangguran, dan mengurangi interaksi sesama manusia karena semua pekerjaan telah dilakukan oleh robot sehingga berkurangnya rasa saling ketergantungan sesama manusia.

Interaksi Manusia dan Komputer pada Film i,ROBOT

Pada film ini terlihat sangat erat hubungan antara manusia dengan komputer, dimana robot(komputer) yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, hanya tinggal diberikan perintah dengan suara maka sang robot akan langsung melakukan perintah yang diberikan kepadanya. Robot diprogram dengan banyak kondisi, jika diberi inputan "A" maka akan melakukan hal "A", jika diberi inputan "B" maka akan melakukan hal "B" dan begitu selanjutnya. semakin kompleks kondisi yang dibuat/dimasukkan pada robot maka robot bisa dikatakan semakin cerdas.

Tetapi ada Hukum-Hukum yang terdapat pada robot ini yaitu:

  • mereka tidak bisa melukai manusia atau, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti.
  • mereka harus melakukan apapun yang diperintahkan oleh manusia selama perintah seperti itu tidak bertentangan dengan hukum satu.
  • mereka harus mempertahankan diri selama pertahanan seperti itu tidak bertentangan dengan undang-undang satu atau dua.

Hukum ini dalam ilmu komputer bisa kita anggap sebagai batasan-batasan atau suatu kondisi agar sang robot tidak melenceng dari tujuan utamanya. Robot pada film ini menggunakan kecerdasan buatan yaitu agar robot dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.kedepannya memang sangat mungkin untuk hal-hal yang terjadi pada film ini seperti robot yang cerdas akan tercipta, ini bisa berdampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia di dunia, tetapi secerdas-cerdasnya robot(komputer) yang telah diciptakan tetap saja manusia yang menciptakannya yang lebih cerdas.

Dampak positifnya dari kemajuan teknologi robot adalah memudahkan pekerjaan manusia.Dampak negatifnya adalah ketika sistem sedang kacau, maka akan membawa efek pada manusia. Seperti sistem yang berjalan pada robot tadi, mereka sudah diprogram dan sudah diberi hukum, tetapi jika ada orang yang ingin memanfaatkan demi kepentingan pribadi seperti merubah program yang sudah tertanam pada robot tersebut maka dapat memberikan kekacauan.