RSS

TOPIK PI (Penulisan Ilmiah)

Pada semester enam nanti saya akan mendapatkan tugas membuat PI (Penulisan Ilmiah) , Sekarang sudah banyak topik yang saya ambil dan sekarang saya akan mengambil topik PI tentang PEMETAAN DENGAN APLIKASI GIS BERBASIS WEB UNTUK SMP NEGERI DAN SWASTA DI KOTA DEPOK. Berikut adalah latar belakang, batasan masalah , tujuan penulisan dan sedikit pengertian tentang geografis, peta , SIG (Sistem Informasi Geografis ) dalam penulisan PI ini :



Latar Belakang

Saat ini kebutuhan untuk memperoleh informasi secara cepat dan mudah telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat dunia, tanpa terkecuali bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi kalangan pelajar, mahasiswa, pengusaha, sampai ibu rumah tangga. Salah satu informasi yang dibutuhkan masyarakat pada saat ini adalah kebutuhan informasi geografis. Teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) / Geograph Information System (GIS) merupakan suatu teknologi mengenai geografis yang memiliki kemampuan dalam memvisualisasiakan data spesial berikut atribut-atributnya, seperti memodifikasi bentuk, warna, ukuran, dan symbol.

Semakin berkembangnya Kota Depok dari awalnya sebuah kota adminstratif yang berfungsi sebagai perluasan dari kabupaten Bogor kemudian mengalami perkembangan dan perluasan hingga saat ini menjadi sebuah kota. Perkembangan Kota Depok ini tentunya akan menimbulkan kebutuhan informasi yang semakin tinggi akan fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah Kota Depok. Kota Depok memiliki berbagai macam informasi (data non spasial) yang berhubungan dengan lokasi geografisnya (data spasial), seperti informasi jalan dan lokasi suatu fasilitas umum. Seperti rumah sakit, sekolah, tempat-tempat perbelanjaan, tempat ibadah, tempat wisata, dan lain sebagainya. Tentunya informasi tersebut dibutuhkan oleh berbagai pihak dengan berbagai keperluannya masing-masing.

Salah satu informasi yang dibutuhkan adalah informasi mengenai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Informasi tersebut bisa berupa letak, telepon, fasilitas, dan gambaran umum dari SMP tersebut. Dengan berbagai informasi tersebut mampu memberikan bantuan kepada masyarakat (user) dalam memilih SMP yang diinginkan. Pesatnya perkembangan Kota Depok ternyata tidak diimbangi dengan kecepatan pemberian informasi khususnya mengenai SMP kepada masyarakat. Pemerintah Kota Depok kurang memberikan informasi mengenai SMP yang berada di wilayah Kota Depok sehingga dibuatlah aplikasi GIS berbasis Web yang mencakup pemberian informasi tentang Sekolah Menengah Pertama, baik yang Negeri maupun Swasta di Kota Depok.


Batasan Masalah

Batasan masalah dari aplikasi ini adalah memberikan informasi kepada pengguna mengenai titik-titik lokasi sarana Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta di sekitar kota Depok serta informasi yang terkait didalamnya.


Tujuan Penulisan

Tujuan tulisan ini adalah mencoba untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu memberikan informasi kepada pengguna dalam bentuk peta (WebGIS) yang diharapkan dapat lebih menarik untuk dilihat dan lebih mudah untuk dipahami, serta untuk mengetahui perkembangan di bidang pendidikan khususnya Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta di Kota Depok.



Pengertian Geografi

Geografi berasal dari bahasa yunani yaitu geo ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan"). Jadi, geografi berarti lukisan tentang bumi. Oleh karena itu, geografi sering disebut sebagai ilmu bumi.

Menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI), “Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan”.

Geografi adalah ilmu tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.



Pengertian Peta

Untuk pengertian sebuah peta itu sendiri, ada beberapa pengertian dari banyak ilmuan dan badan organisasi. Menurut Aryono Prihandito (1988), peta adalah gambaran bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu. Peta adalah suatu representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Menurut Erwin Raisz (1948), peta adalah gambaran konvensional muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas, dibuat bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelasan.

Menurut International Cartographic Association (ICA), peta merupakan gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi atau benda angkasa yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan. Dan menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL - 2005), peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tingkatan pembangunan. Jadi, sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi yang mempunyai skala untuk menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya.



Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)

Menurut Demers (1997), SIG adalah sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, mengintegrasikan, dan menganalisa informasi-informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi. Sedangkan menurut GUO (2002), SIG adalah teknologi informasi yang menganalisa, menyimpan, dan menampilkan baik data spasial maupun non-spasial, SIG mengkombinasikan kekuatan perangkat lunak basis data relasional dan paket perangkat lunak Computer Aided Design (CAD). Computer Aided Design (CAD) adalah suatu program computer untuk menggambarkan suatu produk atau bagian dari suatu produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis maupun symbol-simbol yang memiliki makna tertentu.

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan unuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang (yang membangun dan mengoprasikannya) dan data sebagai bagian dari sistem ini.


Contoh SIG dengan Quantum GIS



Menurut Aronaff (1989), “Sistem Informasi Geografis adalah sistem berbasiskan komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi beberapa informasi geografis dan dirancang untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis objek-objek dan fenomena dimana lokasi geografis merupakan karakteristik yang penting atau kritis untuk dianalisis. Menurut Prahasta, ”Sistem Informasi Geografis merupakan sejenis software yang dapat digunakan untuk pemasukkan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan, dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya”.

Menurut Barrough (1986), ”Sistem Informasi Geografis merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia. Menurut Marble et al (1983), ”Sistem Informasi Geografis merupakan sistem penanganan data keruangan”. Menurut Berry (1988), ”Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan”. Menurut Calkin dan Tomlison (1984),” Sistem Informasi Geografis merupakan sistem komputerisasi data yang penting”.


Demikianlah sedikit penjelasan tentang penulisan PI yang saya buat, saya berharap penulisan saya ini dapat beguna bagi SMP Negeri maupun Swasta di kota depok untuk mempermudah sistem pemetaan. Jika terjadi kesalahan kata dalam penulisan ini mmohon dimaklumi.


MY BRIEF AUTO BIOGRAPHY

Sedikit cerita tentang saya (Wisnu Pradityo) yang biasa dipanggil oleh teman-teman dengan “inu”, saya berumur 20 tahun yang sekarang masih menjadi mahasiswa di universitas gunadarma semester 5 jurusan Sistem Informasi. Saya adalah anak ke-2 dari dua bersaudara, Saya sangat suka dengan kegiatan yang membuat badan saya menjadi lebih segar yang antara lain yaitu hobby saya berenang. Saya sangat suka berenang karena kegiatan itu dapat membuat pernapasan menjadi lebih baik dan yang pasti dapat membuat badan lebih sehat, biasanya saya berenang di kolam renang “BOEDJANA TIRTA” yang tempatnya di daerah rawamangun.

Selain itu saya juga sangat suka dengan yang namanya makan, apapun makanannya yang penting tidak berbahaya bagi tubuh, halal dan bisa membuat saya kenyang. Ada juga kegiatan yang sangat susah saya lakukan yaitu adalah menguruskan badan dan yah walaupun memang saya tidak ingin menguruskan badan ini karena saya “apa adanya” (gemuk itu kan termasuk berkah dari ALLAH SWT), ibu saya pernah berkata “dek badanmu itu dikurusin sedikit, supaya enggak kegemukan” dan saya menjawab dengan sedikit bercanda “ yaahh..mah udh susah, inu gemukkan juga karma mama masak terus..hhehe” , “gak usah kurus banget dek, Cuma sedikit dikurangin aja berat badannya” ibu saya berkata , dan sekali lagi saya menjawab dengan serius “udah inu cob amah, tapi emang inu udah dikasih gemuk begini sama ALLAH jadi yah ngapain juga diubah-ubah lagi, terima apa adanya aja mah” ,ibu saya pun menjawab “ yasudah dek..kmu benar juga nnti kalo kamu kurus rejeki mama malah berkurang ya dek..hhe”.

Kebiasaan buruk yang saya miliki yaitu saya sangat susah tidur, saya selalu tidur sangat malam sekitar pukul 3 pagi, dan bangun pukul 8 pagi kalau tidak keterusan tidur yah saya sholat subuh dulu. Kebiasaan itu sangat susah dihilangkan, tapi sekarang saya berusaha untuk menghilangkan kebiasaan itu.

Demikian sedikit biografi tentang diri saya, untuk selanjutnya terdapat daftar riwayat hidup saya dibawah ini :


DAFTAR RIWAYAT HIDUP



A. UMUM

1. Nama : Wisnu Pradityo

2. Tempat / Tanggal Lahir : Jakarta / 17 oktober 1990

3. Jenis Kelamin : Laki-laki

4. Agama : Islam

5. Status : Belum Menikah

6. Kebangsaan : Indonesia

7. Alamat : Jl. Batu kinyang Rt.006 / 04 No.74

Condet,Jakarta Timur 3520

8. Telp : (021)93916667

B. PENDIDIKAN FORMAL

1.SDN 03 PAGI Jakarta (1996-2002)

2.SLTPN 51 Jakarta (2002-2005)

3.SMU Dewi Sartika Jakarta (2005-2008)

4.Sekarang masih terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma jenjang S1 semester 5(lima), Fakultas Komputer jurusan Sistem Informasi.

C. PENGALAMAN

Saya pernah mengikuti workshop Introduction to XML : Standart XML Application and Minimum Software requirement tanggal 07 Agustus 2009.

Saya juga pernah mengikuti seminar “TRENDS IN MICROELECTRIC INDUSTRY” tanggal 04 Desember 2009.

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Jakarta, 20 Oktober 2010

Hormat saya,

Wisnu Pradityo

GAMBAR INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER : "VIRUS WARM"





Sumber : karikatur-cartoon.de