RSS

DESKRIPSI DAN KOMENTAR FILM I,ROBOT

Film I.Robot menggambarkan kondisi sebuah Negara di AS, dimana peranan robot sangat besar dalam membantu kehidupan manusia, seperti: pembantu rumah tangga, pengangkat barang, asisten pribadi, buruh pabrik, dll. Atau malah sebaliknya, Robot dapat menghancurkan kehidupan manusia, meningkatkan pengangguran, karena diakui teknologi yang digunakan dalam pembuatan robot, membuat mereka bekerja lebih cepat dari tenaga manusia.

Dalam ceritanya, terdapat human error dalam pembuatan robot NS5, dimana robot-robot tersebut diciptakan untuk melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan. Sehingga munculah robot-robot perusak profesional yang sangat tidak patuh pada manusia. Untuk memperbaiki system tersebut, VIKI harus dihancurkan, dan cairan nanite harus disuntikan ke otaknya.

Selain itu, teknologi komunikasi yang dapat dilihat dari film ini adalah dalam penciptaan sebuah alat yang bernama proyektor hologram. Hologram bewarna hijau ini dapat memunculkan bayangan orang mati, dan diprogram seolah-olah orang mati tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia dengan jawaban terbatas.

Jadi, teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Bisa juga sangat merugikan manusia, dan merusak kehidupan manusia jika terjadi kekacauan pada system. Selain itu dampak dari segi social ekonomi, teknologi tersebut dapat menambah pengangguran, dan mengurangi interaksi sesama manusia karena semua pekerjaan telah dilakukan oleh robot sehingga berkurangnya rasa saling ketergantungan sesama manusia.

Interaksi Manusia dan Komputer pada Film i,ROBOT

Pada film ini terlihat sangat erat hubungan antara manusia dengan komputer, dimana robot(komputer) yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, hanya tinggal diberikan perintah dengan suara maka sang robot akan langsung melakukan perintah yang diberikan kepadanya. Robot diprogram dengan banyak kondisi, jika diberi inputan "A" maka akan melakukan hal "A", jika diberi inputan "B" maka akan melakukan hal "B" dan begitu selanjutnya. semakin kompleks kondisi yang dibuat/dimasukkan pada robot maka robot bisa dikatakan semakin cerdas.

Tetapi ada Hukum-Hukum yang terdapat pada robot ini yaitu:

  • mereka tidak bisa melukai manusia atau, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti.
  • mereka harus melakukan apapun yang diperintahkan oleh manusia selama perintah seperti itu tidak bertentangan dengan hukum satu.
  • mereka harus mempertahankan diri selama pertahanan seperti itu tidak bertentangan dengan undang-undang satu atau dua.

Hukum ini dalam ilmu komputer bisa kita anggap sebagai batasan-batasan atau suatu kondisi agar sang robot tidak melenceng dari tujuan utamanya. Robot pada film ini menggunakan kecerdasan buatan yaitu agar robot dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.kedepannya memang sangat mungkin untuk hal-hal yang terjadi pada film ini seperti robot yang cerdas akan tercipta, ini bisa berdampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia di dunia, tetapi secerdas-cerdasnya robot(komputer) yang telah diciptakan tetap saja manusia yang menciptakannya yang lebih cerdas.

Dampak positifnya dari kemajuan teknologi robot adalah memudahkan pekerjaan manusia.Dampak negatifnya adalah ketika sistem sedang kacau, maka akan membawa efek pada manusia. Seperti sistem yang berjalan pada robot tadi, mereka sudah diprogram dan sudah diberi hukum, tetapi jika ada orang yang ingin memanfaatkan demi kepentingan pribadi seperti merubah program yang sudah tertanam pada robot tersebut maka dapat memberikan kekacauan.

MEMBAYANGKAN, JIKA INDONESIA TANPA KORUPSI

Berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa NKRI mendapatkan kemerdekaannya artinya jika rahmat NYA tidak ada lagi maka Negara ini akan memasuki kehancurannya dan berada dizaman kegelapan. Kita masyarakat biasa hanya bisa ngurut dada dan berdoa semoga Rahmat Allah Yang Maha kuasa ini tidak dicabut dan kita Negara dan bangsa Indonesia agar dilingdungi NYA.

Kita tidak suka dan sedih melihat korban teroris sehingga sangat mendukung pemberantasan terorisme karena kejahatan itu luar biasa serta menghancurkan peradaban dan kemanusiaan. Kita juga tentunya mendukung aparat penegak hukum untuk mencegah pemberantasan kejahatan yang luar biasa lainnya seperti korupsi. Dalam pemberantasan kejahatan terorisme akhir akhir ini banyak yang diselesaikan dengan terjangan peluru panas karena mereka memang bisa membahayakan petugas. Dalam kejahatan korupsi kenapa koruptor tidak langsung ditahan dan diperiksa secara instensif sampai kejahatannya terbongkar.

Hmm. Indonesia tanpa korupsi? Sepertinya sulit. Tapi tak salah juga jika kita sedikit menghayal JIKA INDONESIA TANPA KORUPSI.

Hal yang sederhana mungkin kita bisa melihatnya dipinggir jalan, tunawisma akan berkurang drastis, warga tak mampu bisa berobat gratis, kesehatan terjamin, pendidikan juga gratis, tidak hanya sampai sekolah dasar tapi bisa sampai perguruan tinggi (amin). Pengangguran berkurang, tindak kejahatan juga ikut berkurang, kesejahteraan rakyat terjamin, tidak ada pekerja dibawah umur, yang terpaksa meninggalkan masa bermainnya demi mencari sesuap nasi, semua warga selalu tersenyum, saling menghomati, tidak ada perselisihan antar umat beragama lagi. Dan masih banyak lagi hal lainnya yang sangat indah untuk dibayangkan tetapi sulit untuk diwujudkan dinegara kita ini.

Tetapi sungguh sangat sulit Indonesia tanpa KORUPSI, karna sudah merajalela diseluruh pelosok negeri ini, tak mengenal jabatan bahkan usia budaya korupsi itu, tanpa kita sadari, kita pun pernah melakukannya, entah sedikit atau banyak yang kita korupsi. Dari mulai mengambil uang kembalian orang tua, atau mengedit nota belanja. Kita mengetahuinya, bahkan kita melihatnya sendiri, tetapi apa yang kita lakukan??.

Negara kita mulai mencoba untuk memperbaiki nya, didirikanlan KPK. Tetapi baru sejenak instansi tesebut berdiri, langsung mendapatkan hantaman keras dari penguasa negeri kita, yang tak mau bekerja sama, mereka hanya mementingkan kepentingan pribadi maupun golongan sendiri.

Meski rakyat sudah berdemo, mengeluarkan suara-suara yang menentang pemerintahan dihadapan publik tapi apa daya, hukum rimba masih tertanam dinegeri ini, siapa yang “bekuasa” dia yang “menang”, siapa yang “berduit” dia yang “menang”, mereka selalu mencari kambing hitam dan pergi menghilang tanpa bekas atau meninggalkan jejak.

Tapi sekarang, kita hanya bisa bertahan dengan keadaan disekitar yg semakin mencekam dan tidak ada toleransi lagi, lengah sedikit FATAL akibatnya.

PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM PENDIDIKAN

Peranan sistem informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah pandangan masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan Internet.

Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan sistem ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri (Oetomo dan Priyogutomo, 2004), beberapa bagian unsur ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi, sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang e-learning (Utomo, 2001)
e-Learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika, khususnya perangkat komputer (Soekartawi, 2003).

Karena itu e-learning sering disebut juga dengan on-line course. Dalam berbagai literature e-learning tidak dapat dilepaskan dari jaringan Internet, karena media ini yang dijadikan sarana untuk penyajian ide dan gagasan pembelajaran. Namun dalam perkembangannya masih dijumpai kendala dan hambatan untuk mengaplikasikan sistem e-learning ini, antara lain :
(a) Masih kurangnya kemampuan menggunakan Internet sebagai sumber pembelajaran;
(b) Biaya yang diperlukan masih relativ mahal untuk tahap-tahap awal;
(c) Belum memadainya perhatian dari berbagai pihak terhadap pembelajaran melalui Internet dan
(d) Belum memadainya infrastruktur pendukung untuk daerah-daerah tertentu (Soekartawi, 2003).

Selain kendala dan hambatan tersebut di atas, kelemahan lain yang dimiliki oleh sistem elearning ini yaitu hilangnya nuansa pendidikan yang terjadi antara pendidik dengan peserta didik, karena yang menjadi unsur utama dalam e-learning adalah pembelajaran.

Maka dengan melihat kelemahan dan kekurangan tersebut, para ahli berusaha menjawab fenomena ini dengan mengembangkan sistem e-education. Sistem ini telah didiskusikan secara aktif pada beberapa dekade terakhir ini. Pengembangan sistem e-education ini telah memberi inspirasi untuk mengembangkan e-media secara optimal guna percepatan pemerataan layanan pendidikan kepada masyarakat (Oetomo dan Priyogutomo, 2004).

Dimana selain masyarakat memperoleh pendidikan melalui pendidikan formal, juga didukung oleh pendidikan melalui emedia,sebagai wujud dari pendidikan yang mandiri.
e-Education dengan pemanfaatan e-media, juga ditujukan untuk mengatasi persoalan elearning, dimana e-media dapat dijadikan alternative terdekat jika tidak ada koneksi ke Internet.

Demikian penjelasan saya tentang peranan system informasi di dalam pendidikan, teryatta system informasi itu sngatlah penting di dalam kehidupan sehari-hari kita, bukan hanya didalam pedidikan namun di bidang bisnin,ekonomi,accounting dan sebagainya.