RSS

PERKEMBANGAN BAHASA PEMROGRAMAN TINGKAT TINGGI

Bahasa tingkat tinggi (high level language) dijadikan pemikiran untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang lebih mudah. Pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan menulis program dengan bahasa awam (bahasa inggris sehari-hari dengan aturan yang tertentu) yang kemudian akan diterjemahkan oleh computer ke dalam bahasa computer (bahasa mesin)

1957. FORTRAN

FORTRAN (FORmula TRANslator) adalah bahasa pemrograman tinkat tinggi yang pertama, dan digunakan untuk keperluan teknik dan matematika. Fortran diterapkan pada tahun 1957 di computer IBM 704.

1958. LISP

Seorang peneliti John Mc Carthy menemukan bahasa pemrograman LISP (LISt Processor) yang merupakan bahasa artificial intelligence yang pertama yang dibutuhkan oleh para peneliti-peneliti artificial intelligence.

1958. ALGOL

ALGOL ( ALGOrithmic Language) dikembangkan pada tahun 1958 untuk memecahkan masalah-masalah secara umum ( general-purpose).

1959. COBOL

Pada tahun 1960 dibuat suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang disebut COBOL (Common Business Oriented Language) yang dapat memecahkan suatu persoalan program yang standar .





1960. LOGO

LOGO merupakan perkembangan dari LISP yang diterapkan pada tahun 1980 pada computer mikro yang ditujukan untuk bidang pendidikan.
1961. GPSS

GPSS (General-Purpose System Simulator) merupakan bahasa pertama yang berupa bahasa untuk keperluan proses simulasi.

1961. RPG

RPG (Report Program Generator) diterapkan pada computer IBM 1041 pada permulaan bulan januari tahun 1961.

1962. APL

APL (A Programming Language) digunakan untuk aplikasi teknik yang pertama kali digunakan untuk computer IBM S360 dikembangkan oleh Kenneth Iverson pada tahun 1962.

1964. BASIC

Penemu bahasa basic adalah professor John G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz di Dartmouth College di New Hampshire menjalankan pertama kali program basic.
BASIC ( Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa tingkat tinggi yang berbentuk interpreter yang memungkinkan untuk mengoperasikan computer secara interaktif.

1966. PL/1

IBM mengembangkan suatu bahasa tingkat tinggi PL/1 (Programming Language VErsioin 1) diterapkan pada computer S360 tahun 1966 yang digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. PL/1 merupakan gabungan dari FORTRAN,COBOL, dan ALGOL.




1968. PILOT

PILOT ( Programmed Inquiry, Learning Or Teaching) dikembangkan oleh John A. Starweather pada tahun 1968. PILOT merupakan bahasa yang mudah digunakan karena ditujukan pada mereka yang belum berpengalaman dalam menulis program.



1969. FORTH

FORTH digunakan pada National Radio Astronomy Observatory untuk menyelesaikan permasalahan perbintangan yang sampai tahun 1967 distandarkan sebagai bahasa untuk International Astronomycal Union.

1970. PASCAL

Dikembangkan pada tahun 1970 oleh Niklaus Wirth yang diambil dari nama Blaise Pascal. Sampai sekarang ada beberapa versi dari pascal , antara lain UCSD Standart Pascal, Apple Pascal, KMMM pascal, MT+ Pascal, dan yang terakhir dan sering digunakan adalah Turbo Pascal.

1971. SAM76

Merupakan bentuk gabungan dari LISP dan FORTH yang digunakan untuk computer multiuser dengan operasi UNIX.

1972. PROLOG

Diterapkan pada tahun 1972 oleh Colmerauer di Perancis sebagai suatu bahasa yang berguna untuk operasi artificial intelligence yang merupakan penyaing dari LISP.

1974. C

Bahasa C pertama kali dikembangkan di inggris dengan nama BCPL yang kemudian beradaptasi menjadi bahasa B dan ditingkatkan lebih lanjut oleh Dennis M. Ritchie dan diberi nama bahasa C.

1974. COMAL

COMAL merupakan bentuk gabungan dari BASIC dan Pascal dan pertama kali diterapkan pada computer mini Data General NOVA 1200.

1977. MODULA-2

Dikembangkan oleh Niklaus Wirth dan mulai digunakan di kampus untuk tujuan khusus dari multiprogramming pada tahun 1977.

1979. ADA

Bahasa ADA dikembangkan untuk dipergunakan di departemen pertahanan Amerika Serikat Pentagon. Nama bahasa ini diambil dari nama ADA Agusta sebagai jasanya dalam memplopori penulisan perangkat lunak pertama.

0 komentar:

Posting Komentar